Cool Blue Outer Glow Pointer
Madrasah Aliyah Negeri Tuban. Jalan HOS Cokroaminoto 4, Tuban. (0356)321701

Saturday, December 15, 2012

MAN TUBAN Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Se Jawa Bali di UNESA Tanggal 13 Oktober 2012





















Lomba Karya Tulis Ilmiah Geografi SMA ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menuangkan pemikiran dan hasil-hasil kegiatan ilmiah yang telah dilakukan ke dalam bentuk sebuah artikel ilmiah sesuai kriteria standar penulisan jurnal ilmiah. Tema kegiatan LKTI ini dapat dipilih yaitu:
1. Peran siswa dalam menyikapi masalah lingkungan
2. Keadaan pendidikan di Indonesia
3. Peran siswa dalam menanggapi masalah Global Warming ( Pemanasan Global )
Dengan demikian program ini diharapkan mampu mengantarkan siswa kepada keterampilan atau kemahiran menulis. Melalui kemahiran tersebut mahasiswa secara runtut mampu menguraikan suatu permasalahan yang berhubungan dengan Bidang ilmu Geografi sehingga mendorong perlunya usaha penyelesaian atau pencarian solusi dengan tujuan tertentu, kaitannya dengan usaha-usaha yang mungkin telah dilakukan orang lain.
Di samping itu siswa juga mampu memilih teknik dan landasan metode penyelesaian masalah disertai dengan kemampuan menguraikan landasan teori yang terkait dengan permasalahan yang dibahas, serta ketajaman pembahasan dan menganalisis hasil yang diperoleh, yang akhirnya bermuara pada penyimpulan upaya penyelesaian masalah yang telah dilakukan.Dampak lain yang ingin dicapai melalui program ini ialah adanya diseminasi hasil kegiatan siswa yang mampu memberikan kontribusi terhadap kemajuan ilmu dan teknologi atau manfaat lain bagi masyarakat.
Sebagai seorang pelajar yang menjadi motor dalam setiap perubahan yang mampu menjadi pemikir dan pelopor dari setiap kejadian. Maka sudah kewajiban kita untuk THINK, ACTION, AND CREATE. Berpikir keras atas segala macam kejadian yang ada di sekitar kita, peka terhadap perubahan dan kejadian yang ada di sekitar kita dan berusaha untuk mencari solusi tidak hanya berpikir, berpikir, dan berpikir. Kemudian kita melakukan suatu langkah konkret, suatu perubahan yang dapat merubah segalanya dan itu kita dedikasikan untuk orang-orang di sekitar kita pada awalnya dan lebih luas lagi ke depannya.
Pada tahun 2009, DHM mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah bagi seluruh peserta yang berasal dari SMA atau sederajat se-Jawa Bali. Lomba yang sama diadakan pada tahun 2010 dengan mengundang siswa-siswi SMA/Sederajat se-Indonesia sebagai peserta. Pada tahun 2011, cakupan lomba diperluas dengan mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah untuk SMA atau sederajat dan Lomba Karya Tulis Mahasiswa Tingkat Nasional. Sedangkan pada tahun 2012, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) diadakan untuk SMA atau sederajat Tingkat Nasional.
Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) SMA/sederajat Tingkat Nasional merupakan ajang kompetisi sebagai sarana untuk meningkatkan kreativitas peserta dalam bentuk penyusunan karya tuIis yang komunikatif dan disampaikan dengan kaidah ilmiah. LKTI merupakan salah satu cara untuk meningkatkan dan mengembangkan wawasan pemikiran dan penalaran siswa SMA atau sederajat di Indonesia. Kegiatan ini juga merupakan salah satu forum kompetitif yang sangat kondusif bagi siswa dalam mengembangkan pribadi untuk meningkatkan motivasi dan wawasan ilmiah.
Dalam rangka mempersiapkan hal tersebut, dibutuhkan suatu media bagi siswa khususnya untuk berkompetisi dalam berbagai karya ilmiah, dan salah satunya adalah dengan diadakannya Lomba Karya Tulis Ilmiah SMA/sederajat Tingkat Nasional 2012 dengan tema “ Satu Karya Awal Prestasi Bangsa “.
Nama Siswa MAN Tuban :
1. Asih Sri Wedhari Kelas XII - IPA-4
2. Kharirus Saidiyah Elfirda Kelas XI-IPA-1
3. Lulu Eka Kurniasari Kelas XI-IPA-4
Selamat dan Sukses Buat MAN Tuban.
MAN Tuban Bisa ! 

Penulis : Admin
Hari/Tanggal : Rabu, 24 Oktober 2012 

No comments:

Post a Comment